TopMenu

Follow Us

Demam Berdarah (DBD) - Penyebab, Gejala, dan Pencegahan - Radardokter

DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)
Penyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang jumlah penderitanya cenderung meningkat dan penyebarannya semakin luas. Penyakit DBD merupakan penyakit menular yang terutama menyerang anak-anak.
Di Indonesia penyakit DBD masih merupakan masalah kesehatan karena masih banyak darah yang endemic. Daerah endemic DBD pada umumnya merupakan sumber penyebaran penyakit ke wilayah lain. Penyakit DBD mempunyai perjalanan yang sangat cepat dan sering menjadi fatal karena banyak pasien yang meninggal akibat penanganannya yang terlambat.

ETIOLOGI DAN PENULARAN
Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue dari kelompok arbovirus B, yaitu arthropod-borne virus atau virus yang disebabkan oleh artropoda. Virus ini termasuk genus flavivirus dari famili flaviviridae.

Vector utama penyakit DBD adalah nyamuk aedes aegypti (didaerah perkotaan) dan aedes albopictus (di daerah pedesaan). Nyamuk yang menjadi  vector penyakit DBD adalah nyamukyang menjadi terinfeksi saat menggigit manusia yang sedang sakit dan viremia (terdapat virus dalam darahnya).

Virus berkembang dalam tubuh nyamuk selama 8-10 hari terutama dalam kelenjar air liurnya, dan jika nyamuk ini menggigit orang lain maka virus dengue akan dipindahkan bersama air liur nyamuk.dalam tubuh manusia, virus ini akan berkembang selama 4-6 hari dan orang tersebut akan mengalami sakit demam berdarah dengue. Virus dengue memperbanyak diri dalam tubuh manusia dan berada dalam darah selama satu minggu.

Orang yang di dalam tubuhnyaterdapat virus dengue tidak semuanya akan sakit demam berdarah dengue. Ada yang mengalami demam ringan dan sembuh dengan sendirinya, atau bahkan ada yang sama sekali tanpa gejala sakit. Tetapi semuanya merupakan pembawa virus dengue selama satu minggu, sehingga dapat menularkankepada orang lain di berbagai wilayah yang ada nyamuk penularnya. Sekalii terinfeksi, nyamuk menjadi infektif seumur hidupnya.

Penyebaran penyakit DBD di jawa biasanya terjadi mulai bulan januari sampai april dan mei. Factor yang mempengaruhi morbiditas dan mortalitas penyakit DBD antara lain:
  • Imunitas pejamu
  • Kepadatan populasi nyamuk
  • Transmisi virus dengue
  • Virulensi virus
  • Keadaan geografis setempat

 Factor penyebaran kausu DBD antara lain:
  • Pertumbuhan penduduk
  • Urbanisasi yang tidak terkontrol
  • Transportasi

GEJALA DAN TANDA 
Pasien penyakit DBD pada umumnya disertai dengan tanda-tanda berikut:
  • Demam selama 2-7 hari tanpa sebab yang jelas.
  • Manifestasi perdarahan dengan tes Rumpel Leede (+), mulai dari petekie (+) sampai perdarahan spontan seperti mimisan, muntah darah, atau berak darah-hitam.
  • Hasil pemeriksaan trombosit menurun (normal: 150.000-300.000 ÂµL), hematokrit meningkat (normal : pria <45, wanita <40).
  • Akral dingin, gelisah, tidak sadar (DSS, dengue shock syndrome).

kriteria  diagnosis (WHO, 1997)
  • kriteria klinis
  1. Demam tinggi mendadak tanpa sebab yang jelas dan berlangsung terus menerus selama 2-7 hari.
  2. Terdapat manifestasi perdarahan.
  3. Pembesaran hati.
  4.  Syok.
  • kriteria laboratories
  1. Trombositopenia ( < 100.000/mm)
  2.  Hemokonsentrasi (Ht meningkat >20%)
Seorang pasien dinyatakan menderita penyakit DBD bila terdapat minimal 2 gejala klinis yang positif dan 1 hasil laboratorium yang positif. Bila gejala dan tanda tersebut kurang dari ketentuan di atas maka pasien dinyatakan menderita demam dengue.

PENCEGAHAN
Kegiatan ini meliputi:

  • Pembersihan jentik
  1. Program pemberantasan sarang nyamuk (PSN)
  2. Larvasidasi
  3. Menggunakan ikan (ikan kepala timah, cupang, sepat)
  • Pencegahan gigitan nyamuk
  1. Menggunakan kelambu
  2. Menggunakan obat nyamuk (bakar, oles)
  3. Tidak melakukan kebiasaan berisiko (tidur siang, menggantung baju)
  4. Penyemprotan.
Sumber :  Widoyo,dr. (2011) Penyaki Tropis edisi kedua. Jakarta: Erlangga h.71-78
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Demam Berdarah (DBD) - Penyebab, Gejala, dan Pencegahan - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top