TopMenu

Follow Us

Tetanus Neonatorum - Penyebab, Gejala, Cara penularan, dan Pengobatan - Radardokter

TETANUS NEONATORUM

PENDAHULUAN

Tetanus adalah penyakit kekakuan otot (spasme) yang disebabkan oleh oksitosin (Tetanospasmin) dari organisme penyebab penyakit tetanus dan bukan oleh organismenya sendiri. Tetanus neonatorum merupakan masalah kesehatan diberbagai negara berkembang, terutama negara dengan pelayanan ibu hamil dan imunisasi yang masih terbatas. akibat penyakit ini, WHO memperkirakan terjadi 500.000 kematian setiap tahunnya dinegara bekembang. sebagian besar kasus bayi dengan tetanus neonatorum terjadi karena persalinan di luar rmah sakit atau oleh dukun bayi trdisional.

Sebagian besar kasus tetanus neonatorum ditemukan oleh sarana pelayanan kesehatan seperti puskesmas, praktik bidan, dan terutama oleh rumah sakit, padahal angka kasus sesungguhnya di masyarakat jauh lebih banyak. angka kasus pada sarana pelayanan di duga hanya 4% dari semua kasus. 

EPIDEMIOLOGI
Penyakit ini menyerang seluruh dunia dengan angka kesakitan dan kematian yang masih sangat tinggi tertama dinegara berkembang. di indonesia, angka insidensi tetanus di daerah perkotaan sekitar 6-7/ 1000 kelahiran hidup, sedangkan di daerah perdesaan angka lebih tinggi sekitar 2-3 kali nya yaitu 11-23/1000 kelahiran hidup dengan jumlah kematian kira-kira 60.000 bayi setiap  tahunnya. Alasanya yang paling mungkin adalah karena adanya perbedaan kemudahan menjangkau fasilitas pelayanan kesehatatan, tingkat pengetahuan, dan kesadaran masyarakat untuk cepat merujuk anak ke puskesmas, serta kesulitan geografis antara perkotaan dan perdesaan. 

ETIOLOGI
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri clostradium tetani yang merupakan bakteri gram-positif berbentuk batang dengan spora pada sisi ajungnya sehingga mirip pemukul genderang (drumstick). bakteri tetanus bersifat obligat anaerob, yaitu berbentuk vegetatif pada lingkungan tanpa oksigen dan rentan terhadap panas dan disinfektan. pada bentuk vegetatif, bakteri dapat bergerak aktif dengan flagela serta menghasilkan eksotosin.

pada lingkungan yang tidak kondusif bakteri akan membentuk spora yang tahan terhadap panas, termasuk perebusan (tetapi hancur pada pemanasan dengan otoklaf). kekeringan, dan berbagai disinfektan. spora dapat bertahan hidup hingga bertahun-tahun dan berada dimana saja seperti di tanah, debu, serbuk antiseptik, bahkan pada peralatan oprasi.

Bakteri hidup dalam habitat utamanya, yaitu tanah yang mengandung kotoran ternak, kuda, dan hewan lainnya sehingga daerah peternakan atau pertanian berisiko tinggi terhadap penyebaran ini.

PENULARAN
Tetanus masuk ke dalam tubuh manusia biasanya melalui luka yang dalam dengan suasana anaerob (tanpa oksigen), sebagian akibat dari:

  • kecelakaan 
  • luka tusuk
  • luka operasi 
  • karies gigi
  • radang telinga tengah
  • pemotongan tali pusat
Sebagian besar kasus tetanus neonatorum bersumber dari pemotongan tali pusat. adanya kasus tetanus pada anak dan dewasa lebih sering disebabkan faktor-faktor lainnya. kebiasaan dibeberapa daerah untuk memberi ramuan atau daun-daun tertentu pada tali pusat setelah pemotongan, selain karna pemotongan itu sendiri ya yang tidak steril, merupakan penyebab paling sering masuknya spora yang menyebabkan tetanus neonatorum. diperkirakan seekitar 90% kasus tetanus neonatorum disebabkan karena persalinan oleh tenaga nonmedis.

GEJALA DAN TANDA
gejala awal yang muncul adalah kekakuan otot rahang untuk mengunyah, sehingga anak sekar membuka mulut untuk makan dan minum (trismus). kekakuan ini pada neonatus sering menyulitkan saat menyusui karna mulut bayi "mencucu" seperti mulut ikan, gejala yang muncul adalah:
  • sulit menelan, gelisah, mudah terkena rangsang
  • kekakuan otot wajah
  • kekakuan otot tubuh (punggung, leher, dan badan) sehingga tubuh dapat melengkukung seperti busur
  • kekakuan otot perut
  • kejang-kejang

Diagnosis klinis tetanus neonatorum dapat ditegakan apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • bayi berusia kurang dari satu bulan
  • bayi lahir dalam keadaan hidup, meningitis, dan bisa menyusu normal paling sedikt 2 hari
  • adanya kekakuan dan atau kejang otot
  • munculnya gejala sulit menyusu dikemudian hari 

PENGOBATAN
setiap penderita tetanus harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan dengan fasilitas tertentu. setelah menemukan kasus ini, petugas lapangan perlu segera merujuk penderita kerumah sakit terdekat. kecepatan merujuk sangat berpengaruh pada angka kematian kasus. pengobatan dirumah sakit umumnya meliputi:
  1. pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri, biasanya dengan penisilin atau tetrasiklin
  2. pemberian anti kejang
  3. perawatan luka atau penyakit penyebab infeksi
  4. pemberian antitetanus serum (ATS).
PENCEGAHAN
dengan upaya pencegahan yang baik maka angka kesakitan dan angka kematian yang disebabkan oleh tetanus dapat diturunkan. upaya-upaya tersebut adalah
  1. Imunisasi aktif dengan toksoid. diharapkan semua wanita usia subur sudah mendapatkan suntikan toksoid sebanyak lima kali sebelum ia hamil. status imunisasi yang demikian disebut tetanus toksoid (TT) 5 dosis yang akan memberi perlindungan terhadap tetanus selama 25 tahun
  2. perawatan luka. dilakukan dengan pemberian hidrogen peroksida untuk oksigenasi luka di jaringan tubuh 
  3. persalinan yang bersih, persalinan denga 3 bersih (yaitu bersih tempat, alat, dan tangan penolong persalinan) dengan perhatian pada pemotongan tali pusat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Tetanus Neonatorum - Penyebab, Gejala, Cara penularan, dan Pengobatan - Radardokter"

Kutil kelamin yaitu kutil yg berkembang kepada bidang kelamin yg disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Human papillomavirus (HPV) yaitu salah tunggal bengkak merambat seksual (IMS) yg paling tidak jarang. Virus ini mampu tersebar lewat kulit-ke-kulit kelamin. Ada beraneka tipe HPV. sekian banyak type mengakibatkan kutil kelamin, yg dinamakan virus HPV berisiko cela. Dan sekian banyak kategori mampu menempatkan kanker leher uterus, dubur, atau kanker bibir yg dinamakan virus HPV berisiko tinggi. tak ada penawar guna HPV, lagi pula ada vaksin yg sanggup memelihara guna sekian banyak kategori virus.

Kutil kelamin merupakan pertumbuhan kulit di pokok paha, sarana kelamin, atau negara anal. Mereka sanggup berkembang pada beraneka takaran dan wujud. sekian banyak kelihatan seperti kurik putih datar, dan lain-lain yg bergelombang, seperti bunga kol. sepanjang masa kamu tak mampu menyaksikan kutil identik sekali.

HPV yaitu virus. sekian banyak tipe virus menyiapkan kutil kelamin dan sekian banyak type menjadikan perselisihan sel serviks (leher uterus) yg kurang dan kanker serviks.

HPV dan kutil kelamin mampu tersebar lewat pertalian sex atau kontak kulit-ke-kulit kelamin bersama satu orang yg mempunyai virus.

biasanya insan yg terinfeksi HPV tak mempunyai simptom. lagi pula bila pengidap mempunyai simptom, pertanda kiranya amat ringan maka mereka kira-kira tak tahu mereka terinfeksi. pertanda bisa jadi termasuk juga rasa sakit, gatal, dan perdarahan, atau kamu sanggup menyaksikan adanya kutil kelamin.

Bila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

Andrologi | bagaimana mengatasi kulup panjang

Apakah sunat sakit | Metode sunat modesn terkini

hubungi Dokter | Chatting gratis

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top