TopMenu

Follow Us

Pelayanan pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil - Radardokter

Pastinya kita pernah melihat ibu hamil, baik itu ibu kita, teman kita, sodara kita, atau bahkan istri kita yang sedang hamil, nahh yuk kita simak penjelasan dibawah ini agar kita bisa mengurangi kematian ibu hamil di Indonesia 


Pastikan ibu hamil mendapat pelayanan pemeriksaan kehamilan yang meliputi
  • Pengukuran tinggi badan cukup satu kali, bila tinggi badan < 145 cm, maka faktor risiko panggul sempit, kemungkinan sulit melahirkan secara normal.
  • Penimbangan berat badan setiap kali periksa, sejak bulan ke-4 pertambahan berat badan paling sedikit 1 kg/bulan
  • Pengukuran tekanan darah (tensi), Tekanan darah normal 120/80 mmHg. bila tekanan darah lebih besar atau sama dengan 140/90 mmHg, ada faktor resiko hipertensi dalam kehamilan.
  • Pengukuran lingkar lengan atas (LiLA), bila < 23,5 cm menunjukan ibu hamil menderita kurang energi kronis dan berisiko melahirkan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR)
  • Pengukuran tinggi rahim, pengukuran pada tinggi rahim berguna untuk melihat pertumbuhan janin apakah sesuai dengan usia kehamilan.
  • Penentuan letak janin (presentasi janin) dan perhitungan denyut jantung janin, apabila trimester III bagian bawah janin bukan kepala atau kepala belum masuk panggul, kemungkinan terdapat kelainan letak atau ada masalah lain. bila denyut jantung janin kurang dari 120 kali/menit atau lebih dari 160 kali/menit  menunjukan ada tanda gawat janin, segera rujuk
  • Penentuan status Imunisasi Tetanus Toksoid, oleh petugas untuk selanjutnya bilamana diperlukan mendapatkan suntikan tetanus toksoid sesuai anjuran petugas kesehatan (dokter, bidan, perawat, dll) untuk mencegah tetanus pada ibu dan bayi 
  • Pemberian tablet tambah darah, dan ibu hamil sejak awal kehamilan minum 1 tablet untuk tambah darah setiap hari minimal selama 90 hari. tablet  penambah darah diminum pada malam hari untuk mengurangi rasa mual.
  • Tes laboratorium: 
a. Tes golongan darah, untuk mempersiapkan donor bagi ibu hamil bila diperlukan
b. Tes hemoglobin (Hb), untuk mengetahui apakah ibu kekurangan darah (Anemia)
c. Tes pemeriksaan urine
d. Tes pemeriksaan darah lainnya, sesuai indikasi seperti HIV, malaria, Sifilis dan lain-lain
  • Konseling atau penjelasan, Tenaga kesehatan memberikan penjelasan mengenai perawatan kehamilan, pencegahan, kelainan bawaan, persalinan dan inisiasi menyusu dini, nifas, perawatan bayi baru lahir, ASI eksklusif, keluarga berencana dan imunisasi pada bayi. 
  • Tata laksana atau mendapatkan pengobatan, jika ibu mempunyai masalah kesehatan pada saat hamil.

daftar pustaka : -buku kesehatan ibu dan anak, kementerian kesehatan republik indonesia


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pelayanan pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top