TopMenu

Follow Us

Peremajaan sel dapat menyebabkan awet muda, bagaimana dengan kegemukan ? - Radardokter

KEGEMUKAN: PENGHAMBAT PEREMAJAAN SEL


Kegemukan pada dasarnya banyak penyebabnya, diantara penyebab dari kegemukan adalah 
  • stress, 
  • kurang tidur, 
  • mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti antidepresan, steroid, dan obat lainnya.


mengidap penyakit tertentu seperti 
  • hipotiroidisme, 
  • sindrom cushing, 
  • sindrom ovarium polikistik (SOPK), 
  • teknologi dan 
  • gaya hidup 
dan salah satu untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara diet, akan tetapi apabila diet ekstrim tidak baik juga karna dengan cara diet ekstrim tidak melatih tubuh untuk membakar kalori berjumlah banyak dalam jangaka panjang. akibatnya, makanan yang anda konsumsi tidak akan terbakar sepenuhnya dan dampaknya berat tubuh justru kembali naik dengan cepat
Oleh karna itu, dalam diet penurunan berat badan, cara terbaik adalah 
dengan mengatur tiga faktor utama yaitu 
1.     gula darah, 
2.     insulin dan 
3.     peradangan. 

Hubungan antara kegemukan dan peradangan adalah: ketika kita makan makanan yang bisa menyebabkan perubahan tajam pada kadar gula darah, ia akan menaikan kadar hormon insulin, dan menyebabkan peradangan. 

Ini adalah hal yang tidak baik karena akan menghalangi kemampuan tubuh untuk membakar lemak untuk energi, sehingga lemak tubuh akan menumpuk. 
Ketika kadar gula darah menurun drastis dan insulin ikut turun, Maka akan mengurangi masa otot. 

hal tersebut akan memiliki makna penting, yangutama bukanlah berat badan, kita bisa dan akan bertambah berat badan jika otot kita sehat, karena timbangan otot lebih besar dari lemak. Meskipun demikian, penampilan kita akan lebih baik, lebih ramping, karena otot lebih padat dari lemak. 

meskipun demikian penampilan kita akan lebih baik, lebih ramping, karena otot lebih padat dari lemak. kita akan lebih menarik dengan otot yang sehat.
hal ini bisa kita lihat pada olahragawan. tubuh mereka mungkin tidak seidieal supermodel, tetapi tampak lebih kuat, sehat dan cantik. 

otot juga membakar kalori, meskipun kita sedang tidur atau istirahat, membuat kita lebih mudah untuk menjadi tetap singset. Sebuah penelitian menemukan bahwa ada gen khusus dalam kromosom 15 yang mengatur terjadinya peradangan. 

peradangan ini mencakup kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, infeksi, radang sendi, alzaimer, dan obesitas. Secara otomatis, setiap penyakit umumnya melibatkan komponen peradangan, jadi penemuan tentang penyebab baru dari peradangan ini akan membuka jalan untuk mengatasi masalah kesehatan pada umumnya.

penemuan ini memberi pengaruh besar bagi siapa saja yang tertarik pada pencegahan penyakit, anti penuaan, dan penurunan berat badan. mungkin akan lebih menarik bagi beberapa orang yang menempatkan peradangan sebagai salah satu masalah kesehatan yang utama, meskipun konsep ini kadang tidak dapat diterima dengan baik.

Penelitian ini secara nyata mengindentifikasi peradangan sebagai sumber masalah pada kodisi-kondisi tidak baik diatas. Beberapa studi yang lain juga menyatakan bahwa beberapa vitamin dan anti oksidant dalam bentuk suplemen yang dapat digunakansebagai anti penuaan, bertentangan dengan banyak cara yang diterapkan pada pakar kesehatan lainnya. 

para ilmuan kini sedang giat untuk menemukan suatu obat untuk menangani gen penyebab peradangan ini. tapi mengapa harus menunggu obat yang membuatnya mungkin akan memakan waktu lama, sementara jawabannya mungkin tidak jah dari makanan yang kita makan? 

penting bagi kita untuk mengadopsi gaya hidup yang mengaruh pada diet anti peradangan dan tambahan nutrisi yang seimbang, sebagai dasar dari seluruh pembahasan dalam blog ini, untuk mengoptimalkan peremajaan sel.

Makan-makanan anti peradangan seperti 
  • gula asli, 
  • tajin (termasuk roti, pasta, jus, soda, kentang goreng, dan kudapan seperti kue beras atau kue jagung, keripik kentang, dan kue kering), dan 
  • jenis lemak yang tidak baik (margarin, produk-produk yang mengandung trans-fatty acid, dan sebagian besar minyak nabiti)

Gula asli dan tajin akan dengan cepat diproses menjadi gula dalam aliran darah dengan efek negatif seperti yang telah dijelaskan diatas. makanan anti peradangan kaya akan anti-oksidant, EFA, serat, dan phyto-nutrient.

termasuk juga buah dan sayuran segar, ikan air dingin seperti salmon liar, kacangan-kacangan, lemak sehat seperti EVOO, dan lain sebagainya. makanan alami dan hanya mengalami sedikit proses memasak adalah pilihan yang terbaik.

Sumber: Maysuhari, swasti.2009. Rahasia cantik,sehat, dan awet muda. Yogyakarta:Pustaka panasea


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Peremajaan sel dapat menyebabkan awet muda, bagaimana dengan kegemukan ? - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top