TopMenu

Follow Us

Makanan penghilang stress - Radardokter

MAKANAN PENGHILANG STRESS
  
Stress akan mempengaruhi kesehatan anda. Bukti menunjukan bahwa terlalu banyak tekanan tidak hanya memperburuk mood anda, tetapi juga membuat tubuh mudah terserang berbagai penyakit seperti pilek, tekanan darah tinggi, 
hingga penyakit jantung. 

Banyak cara untuk mengatasai penyakit ini, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat melawan stress.

Makanan dapat memerangi stress dengan berbagai cara. Makanan yang menenangkan seperti semangkuk cereal hangat bisa meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang menimbulkan efek menenangkan. Adanya juga makanan yang dapat mengurangi kadar cortisol dan adrenalin, hormon penyebab stress. 

diet yang bernutrisi juga bisa mengatasi dampak stress dengan meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan tekanan darah.

KARBOHIDRAT KOMPLEKS 
Karbohidrat memicu otak untuk melepaskan lebih banyak serotonin. untuk mendapatkan pasokan zat kimia otak ini dalam jumlah cukup, sebaiknya anda 
mengkonsumsi karbohidrat compleks yang dicerna secara lebih lambat. 

Cereal, roti, dan pasta, serta makanan dari tepung havermot bisa menjadi pilihan yang bagus. Karbohidrat kompleks juga bisa membantu membuat anda merasa lebih seimbang dengan menstabilkan kadar gula darah.

KARBOHIDRAT SEDERHANA
Ahli diet juga merekomendasikan karbohidrat sederhana, seperti permen dan soda. Tetapi, makanan ini hanya dapat memulihkan stress untuk jangka waktu yang singkat, Gula sederhana dicerna dengan cepat sehingga memicu pelepasan serotonin.

  • JERUK 
Jeruk kaya dengan vitamin C dapat menurunkan kadar hormon stress serta 
menguatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsi suplemen jika 
anda akan mengalami masa-masa berat yang memicu stress. dalam sebuah studi, tekanan darah dan kadar cortisol kembali kekadar normal dengan cepat ketika orang mengkonsumsi 3.000 mg vitamin C sebelum melakukan tugas-tugas yang berat.

  • BAYAM
Kandungan magnesium dalam bayam membantu mengatur kadar corisol  dan cenderng habis saat kita berada dibawah tekanan. kekurangan magnesium bisa memicu sakit kepala dan kelelahan, hasil pencampuran efek stress. 

Mengkonsumsi bayam merupakan cara menyimpanan magnesium. Anda tidak suka bayam? cobalah mengkonsumsi kacang kedelai, salmon, yang juga kaya magnesium.

  • IKAN BERLEMAK 
Bertemanlah dengan ikan berlemak untuk menjaga kadar cortisol tetap dibawah kontrol. Lemak asam omega-3 yang banyak terdapat dalam tuna dan salmon dapat mencegah peningkatan hormon stress dan melindungi dari penyakit jantung. 

Agar mendapatkan asupan yang cukup, sebaiknya anda mengkonsumsi 3 ons paling tidak dua kali seminggu.

  • TEH HITAM 
Penelitian menunjukan bahwa teh hitam dapat memulihkan stress anda dengan cepat. Dalam satu studi, dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi empat gelas teh setiap hari selama enam minggu dengan orang yang minum placebo. 

peminum teh yang sebenarnya mengatakan bahwa mereka merasa lebih tenang dan kadar cortisol-nya lebih rendah setelah mengalami situasi yang memicu stress. Sedangkan kopi, meningkatkan kadar cortisol.

  • BUAH KENARI HIJAU
Buah kenari dapat memperlemah dampak hormon stress terhadap tubuh. Adrenalin meningkatkan tekanan darah dan memacu detak jantung saat anda mengalami stress. Mengkonsumsi segenggam kenari setiap hari dapat menurunkan tekanan darah.

  • ALPUKET
Satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah mengkonsumsi potasium yang cukup. setengah alpukat mengandung lebih banyak potasium dari pada satu buah pisang yang berukuran sedang.

Sumber: Swati Maysuhara, 2009, Rahasia Cantik, Sehat dan Awet Muda, Jelajah Nusa: Bogor


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makanan penghilang stress - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top