TopMenu

Follow Us

Cacing tambang - Penyebab, Gejala, dan pengobatan - Radardokter

CACING GELANG/BULAT BESAR (ASKARIASIS)

PENDAHULUAN
Askariasis adalah penyakit cacing yang paling besar prevalensinya di antara penyakit cacing yang lainnya. Penyakit ini diperkirakan menginfeksi lebih dari 1 miliar orang. Tingginya prevelensi ini terutama karena banyaknya telur disertai dengan daya tahan telur yang mengandung larva cacing pada keadaan tanah yang kondusif

ETIOLOGI
Ascaris lumbricoides adalah cacing yang berwarna merah dan berbentuk silinder, dengan ukuran cacing jantan 15-25 cm x 3 mm dan betina 25-35 cm x 4 mm. cacing betina mampu bertahan hidup selama 1-2 tahun dengan memproduksi 26 juta telur atau sekitar 200 perhari. dan telur dilapisi lapisan tebal sebagai pelindung terhadap situasi lingkungan yang tidak sesuai sehingga telur  bertahan hidup dalam tanah sampai berbulan-bulan bahkan sampai 2 tahun. Infeksi cacing betina saja pada usus akan menghasilkan telur infertile

PENULARAN
Proses penularan Askariasis pada manusia dapat dilihat dari siklus hidup cacing. Dan perjalanan siklus hidup cacing ini berlangsung selama 65-70 hari. sikluas hidup cacing gelang dapat dilihat digambar dibawah ini.

GEJALA DAN TANDA
Hanya sebagian kecil penderita yang menunjukan gejala klinis, sebagian besar asimtomatis. Gejala yang muncul biasanya disebabkan oleh migrasi larva dan cacing dewasa. Paru merupakan organ yang dilalui cacing pada siklus hidupnya, maka keluhan klinis sering berasal dari organ tersebut. Gejala penyakit berkisar dari yang ringan berupa batuk sampai yang berat seperti sesak napas. Gejala yang disebabkan oleh cacing dewasa dapat bervariasi mulai dari penyumbatan lumen usus karena banyaknya cacing, kemudian cacing berjalan ke jaringan hati, sampai muntah cacing yang bias menyumbat saluran napas.

PENGOBATAN
  • Pirantel pamoat, dosis tunggal 10 mg/kgBB
  • Mabendazol 100 mg, 2 kali sehari selama 3 hari
  • Albendazol (anak >2 tahun) 400 mg (2 tablet) dosis tunggal


PENCEGAHAN
Karena pintu utama prnularan adalah masuknya telur cacing yang termakan oleh manusia, maka program utama adalah perbaikan perilaku yang berupa kebiasaan mencuci tangan, menjaga kebersihan pribadi, mengguanakan alas kaki, tidak menggunakan tinja sebagai pupuk tanaman terutama sayuran, dan perbaikan sanitasi lingkungan terutama jamban keluarga yang memenuhi syarat kesehatan. Pengobatan masal biasanya berhasil dengan mempertimbangkan kemungkinan kekambuhan.

untuk menegetahui penyakit cacing selanjutnya silahkan klik disini " ANKILOSTOMIASIS " dan " CACING KREMI " 


Sumber : Widoyono,2011. Penyakit tropis edisi kedua. jakarta:erlangga h.178-180
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cacing tambang - Penyebab, Gejala, dan pengobatan - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top