TopMenu

Follow Us

Hepatitis B - Penyebab, Gejala, Cara penularan- Radardokter

HEPATITIS B
Hepatitis B menyerang semua umur, gender, dan ras di seluruh dunia. Penyakit ini dapat menyerang dengan atau tanpa gejala hepatitis. Sekitar 5% penduduk dunia mengidap hepatitis B tanpa gejala. Angka prevalensi bervariasi sesuai dengan kemampuan Negara yang bersangkutan dalam menangani penyakit ini.

ETIOLOGI
Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB) yang berukuran sekitar 42 nm. Virus ini mempunyai lapisan luar (selaput) yang berfungsi sebagai antigen HBsAg. Virus ini mempunyai bagian inti dengan partikel inti HBsAg dan HBeAg.

PATOGENESIS
Virus masuk ke dalam tubuh manusia melalui aliran darah untuk mencapai sel hati. Di Dallam sel hati, virus memperbanyak diri melalui proses transkripsi-replikasi dengan bantuan sel hati. Inti virus mengalami proses replikasi dengan bantuan sel hati, sedangkan selaput virus dibantu oleh sitoplasma sel hati.
Respon sel tubuh manusia pada infeksi virus hepatitis B dapat menyebabkan keadaan berikut:
  1. Tidak terjadi proses peradangan dan sel hati masih berfungsi normal, tetapi produksi virus berlangsung terus yang disebut dengan infeksi persisten (pasien tetap sehat dengan titer HbsAg) yang tinggi).
  2. Terjadi proses peradangan sel hati dan sintesis virus ditekan, yang disebut sebagai hepatitis akut.
  3. Terjadi proses peradangan yang berlebihan, dan keadaan ini akan menyebabkan kerusakan sel hati, yang disebut dengan hepatitis fulminan.
  4. Terjadi proses yang tidak sempurna, yaitu proses peradangan dan sintesis virus berjalan terus, yang disebut sebagai hepatitis kronis


PENULARAN
Penularan secara parenteral terjadi melalui suntikan, transfuse darah, operasi, tusuk jarum, rajah kulit (tato), dan hubungan seksual, serta melalui transmisi vertikal dari ibu ke anak, masa inkubasinya sekitar 75 hari.

GEJALA DAN TANDA
Terdapat beberapa fase perkembangan penyakit ini.
  • Fase prodromal, yaitu terdapat keluhan yang tidak khas seperti mual, sebah, anoreksia, dan demam.
  • Fase ikterik, yaitu air seni yang berwarna seperti teh, kulit menguning, serta keluhan menguat.
  • Fase penyembuhan. Yaitu saat sudah mulai terbentuk anti-HB.


Prognosis penyakit ini bervariasi sesuai dengan virulensi virus dan daya tahan tubuh pasien. Sekitar 5-10% hepatitis B akan berubah menjadi hepatitis kronis. Pasien hepatitis B harus dirawat di rumah sakit untuk mencegah proses lebih lanjut.

PENCEGAHAN
Saat ini telah dikembangkan imunisasi hepatitis B yang diberikan saat bayi. Pemberian vaksin pada minggu pertama kehidupan (0-7 hari) telah berhasil menurunkan perkembangan penyakit secara signifikan. 

Penjelasan tentang HEPATITIS A 

Sumber: buku penyakit kronis edisi kedua hal 95-97


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hepatitis B - Penyebab, Gejala, Cara penularan- Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top