TopMenu

Follow Us

Hepatitis A - Penyebab, Cara penularan, Gejala - Radardokter

HEPATITIS
Hepatitis adalah penyakit radang hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Sebelumnya hepatitis dibedakan menjadi tiga, yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis non A non B. saat ini, sudah ditemukan virus hepatitis C,D,E,F.G dan lainnya. Virus hepatitis G ditemukan pada tahun 1996. Namun disini hanya akan menjelaskan hepatitis A
HEPATITIS A 
Hepatitis A berupa infeksi hati akut. Karna sifat penularannya, penyakit ini disebut juga hepatitis infeksiosa. Penyakit ini termasuk common source yang penularan utamanya melalui makanan dan sumber air, namunn bisa juga ditularkan melalui hubungan seksual.

Karena berhubungan dengan sanitasi lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat,hepatitis A sering menyerang penduduk di Negara berkembang, terutama anak-anak, dengan gejala infeksi ringan hingga tanpa gejala. Dengan bertambahnya usia ini biasanya akan semakin berat.

ETIOLOGI 
Penyebab penyakit ini adalah virus hepatitis A (VHA) atau virus entero 72 dari kelas picornavirus. VHA dapat di temukan dalam tinja pasien. Antibody terhadap penyakit ini dapat diperiksa pada serum darah pasien. Anti-HA dapat menetap dalam serum sampai bertahun-tahun setelah terinfeksi, tetapi puncak titer anti-HA biasanya didapatkan pada sekitar satu minggu sesuah sakit.

PENULARAN 
Hepatitis A terutama ditularkan secara fekal-oral dari orang ke orang atau dari makanan dan minuman yang terinfeksi sehingga sering digolongkan sebagai penyakit “common source”. Hrpatitis A juga dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Masa inkubasi penyakit ini adalah 14-50 hari, dengan rata-rata 30 hari.penularan berlangsung cepat, sebagian besar penularan terjadi pada hari-hari terakhir pertengahan masa inkubasi (sekitar hari ke-15) sampai munculnya tanda ikterik pada penderita.

GEJALA DAN TANDA 
Satu samapai dua minggu sebelum gejala ikterik (kekuningan pada kulit) terjadi
  •  Demam sedang,
  • Anoreksia,
  •  Mual,
  • Muntah,
  • Dan gejala tidak khas lainnya.


Satu sampai lima hari sebelum kekuningan pada kulit muncul,
  • Air kencing berwarna kuning kecoklatan (seperti teh)
  • Tinja menjadi berwarna pucat.
  • Warna putih pada mata akan berwarna kekuningan
  • Diikuti kekuningan pada kulit.
  • Enzim hati (SGOT, SGPT, dan y-GT) akan meningkat pada pemeriksaan laboratorium.


Penjelasan tentang " HEPATITIS B " 

Sumber : buku penyakit tropis edisi kedua hal 93-95
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hepatitis A - Penyebab, Cara penularan, Gejala - Radardokter"

 
Copyright © 2015 Radardokter - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top